Kerja Keras Adalah Energi Kita

oleh: Tim Penulis Ore Internet Media
sebagai peserta dalam lomba artikel blog dalam:
logo pertamina

Blog Contest 2009

Melalui situs pertamina dikemukakan bahwa PT. Pertamina (Persero) membuka kontes blog 2009 dengan harapan melalui kontes tersebut PT. Pertamina (Persero) dapat menerima masukan dari masyarakat baik layanan, produk, maupun penerapan Good Corporate Governance (GCG) di PT. Pertamina (Persero).

Judul dari uraian artikel yang berbentuk ebook ini adalah sudah jelas, tapi apa yang dapat mempengaruhi 3 aspek yg dikemukakan PT. Pertamina (Persero) tersebut. Berikut uraiannya.

1. Layanan
a.Kerja keras dalam meningkatkan layanan SPBU dan penjualan produk-produk Pertamina lainnya yang dirasakan oleh konsumen.
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam kajian ini, misal:
-Konsumen dapat memastikan bahwa liter bahan bakar yang dibelinya sesuai atau tepat takarannya dengan cara transparansi dari hasil pemeriksaan secara berkala, kalau perlu dapat dibuktikan secara nyata atau real time atau bahkan online.
-Kebijakan minimum atau bahkan 0 bahan bakar yang tumpah/tercecer ketika nozzle pengisian bahan bakar dikeluarkan dari mulut tangki pengisian. Bisa berupa metode ataupun inovasi alat.
-Penurunan waktu antrian ketika waktu-waktu tertentu yang padat. Bisa merupakan metoda perancangan kerja atau perbaikan sistem.
b. Sebagai distributor atau penjual produk pertamina
-Pasokan bahan yang terjamin.
-Pasokan bahan yg datang tepat waktu.
-Mempererat hubungan dengan distributor atau bahkan sampai penjual terkecil sebagai mitra bisnis yang menjadikan awal yang baik dari pelayanan kepada konsumen.
-Pengembangan distem informasi yang terintegrasi sampai kepada distributor.

2. Produk
Kerja keras dalam meningkatkan kualitas produk dan juga inovasi produk.
Beberapa hal yang dapat dilakukan:
-Penelitian akan bahan pelumas yang baik bagi mesin meningkatkan efisiensi kerja mesin serta semakin ramah lingkungan.
-Kemasan-kemasan produk Pertamina yang dibuat semenarik mungkin.
-Pemasaran dan penjualan produk Pertamina yang meng-Global.

produk pertamina

3. Good Corporate Governance (GCG)
Karena GCG ini adalah seperangkat aturan yang mendefinisikan hubungan antara pemegang saham, manajer, kreditor, pemerintah, karyawan dan stakeholder internal dan eksternal dalam menghormati hak-hak dan tanggung jawab mereka, maka hal yang dapat dilakukan:
-Membuat suatu aturan GCG secara komprehensif dan menyeluruh dengan cara menganalisa sistem dengan baik sampai kepada entitas-entitasnya seperti pemerintah, pemegang saham, manajer, kreditor, dll.
-Pemenuhan secara tepat prinsip-prinsip dalam GCG ini serta tidak segan melihat kepada model yang sudah ada sebagai perbandingan dan memperkuat analisa sebelum membuat aturan.
-Disiplin dalam menerapkan aturan yang telah memenuhi aspek GCG.

Artikel ini (Kerja Keras Adalah Energi Kita) format PDF dapat di download disini


Pertamina Blog Contest

Leave a Reply