Ilmu Politik Teori dan Praktik

Ilmu Politik Teori dan Praktik

Teori dan Praktik dengan Mengembangkan Industri Strategis dan Teknologi Madya Tepat Guna. Sebagai ringkasan dari seluruh isi buku ini adalah sebagai berikut. Buku ilmu politik ini terdiri dari 9 bagian aspek ilmu politik, teori dan praktik, suatu pendekatan metodologi komprehensif multidisiplin atau pluralistik integralistik. Pada setiap bagian didahului dengan suatu perspektif dan aktualitas masalahnya, sehingga tampil beda dengan buku referensi lainnya.

Pada bagian ke-5 diantarkan pelajaran ilmu poltik terkait aspek ideologi politik negara Pancasila, sebagai salah satu ideologi negara yang ada didunia, sebagai bahan ajar mata pelajaran pendidikan Pancasila.

Pelajaran ini menggunakan metode analisis multidisiplin, rasionalistik dan persuasif. Bagian ini didahului dengan perspektif, Menuju Negara Kebangsaan dengan Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia: “If the people against itself, the state cannot stand. “(Roger H. Soltau)”

Pada bagian ke-6 diantarkan pelajaran ilmu politik terkait aspek ilmu-ilmu sosial politik lainnya yaitu pelajaran tentang ilmu sosial dasar dan kewarganegaraan. Bagian ini didahului dengan perspektif, Menuju Masyarakat Madani (Civil Society): “Setiap peranan sosial setiap orang dilakukan secara proporsional.”

Pada bagian ke-7 diantarkan pelajaran ilmu politik terkait aspek Ilmu Administrasi Negara sebagai bagian tidak terpisahkan dengan proses politik suatu negara dan masalah kepentingan umum. Bagian ini dengan perspektif ialah, Menuju Reformasi Birokrasi: “Kami bangsa Indonesia, dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan dll., diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya.”

Pada bagian ke-8 diantarkan pelajaran ilmu politik terkait aspek ilmu pemerintahan sebagai ilmu “how to act”, “liaison”, dan “power” Kinerja pemerintah dan daerah dievaluasi berdasarkan kriteria efisiensi, “rule of law,” kepentingan umum dan profesionalitas. Terkait undang-undang tentang pengelolaan lingkungan hidup dan undang-undang tentang pemerintah daerah. Bagian ini dengan perspektif, Menuju Pemerintah Indonesia Yang Kuat dan Berwibawa, Public Good Governance: “Man, at bat, has been hitting Nature very hard. However, it is important to remember, that Nature bats last”. (Paul Ehrlich, “Eco-Catastrophe”).

Pada bagian ke-9 adalah bagian penutup buku pengantar Ilmu Politik ini dengan menguraikan pelajaran tentang aspek ilmu hubungan internasional dan Ilmu Komunikasi. Terkait pelajaran ilmu hubungan internasional dibahas singkat diantaranya mengenai masalah globalisasi dan Hak Cipta Intelektual serta lingkungan hidup (Sustainable Development, Dikti 2009). Selanjutnya dibahas singkat terkait ilmu politik dan eksistensi ilmu hubungan internasional dan ilmu komunikasi serta perspektif pengembangannya ke depan. Bagian penutup buku pengantar ilmu politik ini disudahi dengan Motto, “Sedikit Tetapi Sedikitnya Ada Yang Bermanfaat.”

Penulis: Prof Dr. J.M. Papasi
Penerbit: Graha Ilmu

Harga: Rp. 75,000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>