Arsitektur

Pages: 1 2 3

TEKNOLOGI HASIL HUTAN Suatu Pengantar

Identifikasi Kayu, Sifat-sifat kayu, Teknologi Pengolahan Hasil Hutan, Potensi dan Prospek

Pengelolaan dan pendayagunaan hasil hutan yang beraneka ragam untuk memenuhi kebutuhan, kelangsungan hidup dan peningkatan mutu kehidupan manusia memerlukan Teknologi Hasil Hutan. Tuntutan penguasaan Teknologi Hasil Hutan kian menguat tatkala tuntutan akan peran strategis untuk menghasilkan nilai tambah, memajukan masyarakat dan menyelaraskan kepentingan fungsi lingkungan hidup meningkat. Peran Teknologi Hasil Hutan dalam arti “pengolahan” sebagai tulang punggung (back bone) penghasil nilai tambah dan produk bernilai itnggi dalam kerangka industri dirasakan masih jauh panggang dari api.

Additional DescriptionMore Details

Buku ini dihadirkan untuk mengisi sebagian celah pentingnya memperkuat penguasaan teknologi hasil hutan yang meliputi produk-produk hayati (nabati, hewani), non hayati dan hasil-hasil pengolahan langsung yang diperoleh dari upaya pengolahan hutan. Yaitu tentang dasar-dasar teknologi kayu dan non kayu.
Sebagaimana tajuk dari buku ini "Teknologi Hasil Hutan, Suatu Pengantar. Identifikasi Kayu, Sifat-sifat Kayu, Teknologi Pengolahan, Potensi dan Prospek" karya cendekia Ir. KAsmudjo MS. berusaha mencermati kembali topik teknologi pengolahan dasar meliputi bidang-bidang:
Pengeringan dan Pengawetan Kayu
Pengolahan Kayu:
-Penggergajian
-Venir dan Kayu Lapis
-Pembuatan Papan Tiruan
-Pulp dan Kertas
Pengolahan Hasil Hutan Non Kayu:
-Produk Minyak-minyakan
-Produk Getah-getahan
-Hasil Hutan Non Kayu Produk Budidaya
-Hasil Hutan Non Kayu Produk Berkekuatan

Penulis: KASMUDJO
Pengantar Ahli: Prof. Dr. Soenardi Prawirohatmodjo
Penerbit: Cakrawala Media


Rp. 45,000.00Price:
Loading Updating cart...

Panduan Praktis Teknik Jitu Memilih Kayu Untuk Aneka Penggunaan

-Mengenal jenis kayu: suatu cara praktis
-Anatomi kayu: Nilai penting informasi dasar
-Sifat dasar kayu: awal yang menentukan
-Sifat pengerjaan: kita mau membuat apa?
-Sifat perekatan: kuasai sifat dasar kayu
-Sifat pengeringan dan keawetan
-Sifat energi yang penting diketahui
-Sifat finishing yang meningkatkan nilai
Sifat jenis kayu untuk bahan baku industri

Additional DescriptionMore Details

Krisis kekurangan bahan baku kualitas baik pada industri menyebabkan timbulnya keharusan mengetahui dan menguasai sungguh-sungguh sumber informasi yang berkaitan dengan teknologi kayu.

Informasi teknologi bahan baku untuk tujuan menghasilkan produk pertukangan akan berbeda dengan untuyk produk pulp dan kertas, dan berbeda lagi untuk tujuan sebagai bahan energi. Bahan di dalam satu tujuan untuk produk pertukangan harus dibedakan secara detail berdasar jenis produk yang diinginkan, misalnya: untuk tujuan produk panel-kayu lapis, mebel, moulding, konstruksi bangunan (macam-macam), kerajinan kayu dan sebagainya.

Buku ini dihadirkan sebagai panduan praktis berisi teknik-teknik jitu yang diperlukan dalam memilih kayu untuk aneka penggunaan.

Penulis: Kasmudjo
Penerbit: Cakrawala Media


Rp. 20,000.00Price:
Loading Updating cart...

CONTEXT

Student Project on Urban Context in Architecture and Urban Workshop

Dasar Pemikiran yang melandasi mata kuliah ini adalah bahwa sejauh arsitektur terkait dengan topik “ruang”, maka ia merupakan suatu aktivitas yang membentuk dan dibentuk oleh ruang. Bagaimana suatu objek arsitektur dapat hadir sebagai suatu karya yang kritis dan “berbicara” tidak bisa dilepaskan dari kesadaran akan kedua hal tersebut. Berbicara melalui arsitektur mestinya tidak berbicara soal benar salah, melainkan soal kesesuaian: sesuai tidaknya suatu objek hadir dalam wujudnya yang demikian dalam situasi dan kondisi yang demikian.

Additional DescriptionMore Details

Barangkali ini sekedar asumsi, namun rasanya sulit sekali membayangkan suatu objek arsitektur nir-konteks, bahkan yang sifatnya virtual sekalipun.
(Denis Indrawan, Pengajar Konteks Urban dalam Perancangan Arsitektur)

Penerbit: UPH Press


Rp. 45,000.00Price:
Loading Updating cart...

Rumah Tinggal,Karya Arsitek Indonesia

Buku ini merupakan bagian dari seri Buku Karya Arsitek Indonesia yang diterbitkan organisasi profesi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Pustaka Rumahkebun, dengan tema khusus Rumah TInggal Karya Arsitek Indonesia. Karya arsitektur berupa rumah tinggal ini patut dibukukan dan dimasyarakatka, mengingat hampir 70% dari jumlah arsitek indonesia telah terlibat efektif membantu kliennya dalam membuatkan rumah tinggal mereka.

Additional DescriptionMore Details

Buku ini lebih memfokuskan pada rancangan Rumah TInggal pribadi karya arsitek Indonesia diantara sekian banyak jumlah bangunan yang memiliki beragam desain dan tantangan, serta kaya dengan penelusuran arsitektur yang inovatif mulai dari rumah yang berukuran kecil dan besar. Melengkapi rumah tinggal yang dihuni, ada juga beberapa karya bangunan rumah lainnya yang masih termasuk kelompok rumah tinggal turut ditampilkan, memperkaya khasanah rancang banunan rumah di Indonesia.

Pembaca buku ini diharapkan akan mendapatkan wacana mulai dari pemikiran yang mendalam tentang makna Rumah Tinggal, perkembangan desain dan teknologi arsitektur rumah tinggal di Indonesia yang bukan sekadar memperlihatkan gaya dan modelnya saja, tetapi juga latar belakang pemikiran sampai terwjudnya suatu karya yang memanfaatkan jasa arsitek.

Sejumlah 24 karya rumah tinggal dengan berbagai ukuran dan tipe yang ditampilkan oleh 21 arsitek memperlihatkan kejelasan konsepsi arsitektur tentang rancangan ruang, penyelesaian dan pemanfaatan tapatk serta pemilihan gaya arsitekturnya sesuai fungsi dan kebutuhan, termasuk tren yang mempengaruhi saat itu.

Melalui foto-foto dan gambar rumah tinggal yang terpampang indah, inovatif dan informatif, Ikatan Arsitek Indonesia juga menginformasikan kepada masyarakat siapa saja ke-21 arsitek yang terdiri dan perorangan dan perusahaan lengkap dengan data karya yang pernah mereka buat, sehingga memudahkan pembaca menghubungi bila memerlukannya.

Penulis: IAI
Penerbit: Pustaka Rumah Kebun


Rp. 170,000.00Price:
Loading Updating cart...

Arsitektur Modern

Tradisi-tradisi dan aliran-aliran serta peranan politik-politik

Buku ini diterbitkan dengan maksud untuk menambah bahan bacaan arsitektur yang berbahasa Indonesia; mengingat bahwa jumlah buku-buku di bidang arsitektur relatif masih sangat sedikit. Walaupun isi buku ini lebih berkaitan dengan masalah-masalah arsitektural di mancanegara, namun hal tersebut dapat dijadikan masukan bagi perkembangan arsitektur di Indonesia.

Additional DescriptionMore Details

Secara garis besar, isi buku ini dibagi menjadi dua bagian utama, Bagian pertama buku ini membahas tentang perkembangan tradisi-tradisi maupun aliran-aliran dan hasil-hasil karya arsitektural di dunia pada kurun waktu 1920 sampai dengan 1970, beserta peranan-peranan politik bagi perkembangan arsitektur tersebut. Bagian kedua buku ini membahas tentang perkembangan arsitektur di Indonesia pasca dekade 1910.

Dalam buku ini dijelaskan lebih lanjut tentang perkembangan tradisi-tradisi arsitektur dunia dan kaitannya dengan beberapa hasil karya arsitektural maupun perkembangan arsitektur di Indonesia.
Penulis: F. Christian J. Sinar Tanudjaja
Penerbit: Universitas Atmajaya


Rp. 34,000.00Price:
Loading Updating cart...
Pages: 1 2 3