Politik

Pages: 1 2

Ilmu Politik Teori dan Praktik

Teori dan Praktik dengan Mengembangkan Industri Strategis dan Teknologi Madya Tepat Guna. Sebagai ringkasan dari seluruh isi buku ini adalah sebagai berikut. Buku ilmu politik ini terdiri dari 9 bagian aspek ilmu politik, teori dan praktik, suatu pendekatan metodologi komprehensif multidisiplin atau pluralistik integralistik. Pada setiap bagian didahului dengan suatu perspektif dan aktualitas masalahnya, sehingga tampil beda dengan buku referensi lainnya.

Pada bagian ke-5 diantarkan pelajaran ilmu poltik terkait aspek ideologi politik negara Pancasila, sebagai salah satu ideologi negara yang ada didunia, sebagai bahan ajar mata pelajaran pendidikan Pancasila.

Additional DescriptionMore Details

Pelajaran ini menggunakan metode analisis multidisiplin, rasionalistik dan persuasif. Bagian ini didahului dengan perspektif, Menuju Negara Kebangsaan dengan Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia: “If the people against itself, the state cannot stand. “(Roger H. Soltau)”

Pada bagian ke-6 diantarkan pelajaran ilmu politik terkait aspek ilmu-ilmu sosial politik lainnya yaitu pelajaran tentang ilmu sosial dasar dan kewarganegaraan. Bagian ini didahului dengan perspektif, Menuju Masyarakat Madani (Civil Society): “Setiap peranan sosial setiap orang dilakukan secara proporsional.”

Pada bagian ke-7 diantarkan pelajaran ilmu politik terkait aspek Ilmu Administrasi Negara sebagai bagian tidak terpisahkan dengan proses politik suatu negara dan masalah kepentingan umum. Bagian ini dengan perspektif ialah, Menuju Reformasi Birokrasi: “Kami bangsa Indonesia, dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan dll., diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya.”

Pada bagian ke-8 diantarkan pelajaran ilmu politik terkait aspek ilmu pemerintahan sebagai ilmu “how to act”, “liaison”, dan “power” Kinerja pemerintah dan daerah dievaluasi berdasarkan kriteria efisiensi, “rule of law,” kepentingan umum dan profesionalitas. Terkait undang-undang tentang pengelolaan lingkungan hidup dan undang-undang tentang pemerintah daerah. Bagian ini dengan perspektif, Menuju Pemerintah Indonesia Yang Kuat dan Berwibawa, Public Good Governance: “Man, at bat, has been hitting Nature very hard. However, it is important to remember, that Nature bats last”. (Paul Ehrlich, “Eco-Catastrophe”).

Pada bagian ke-9 adalah bagian penutup buku pengantar Ilmu Politik ini dengan menguraikan pelajaran tentang aspek ilmu hubungan internasional dan Ilmu Komunikasi. Terkait pelajaran ilmu hubungan internasional dibahas singkat diantaranya mengenai masalah globalisasi dan Hak Cipta Intelektual serta lingkungan hidup (Sustainable Development, Dikti 2009). Selanjutnya dibahas singkat terkait ilmu politik dan eksistensi ilmu hubungan internasional dan ilmu komunikasi serta perspektif pengembangannya ke depan. Bagian penutup buku pengantar ilmu politik ini disudahi dengan Motto, “Sedikit Tetapi Sedikitnya Ada Yang Bermanfaat.”

Penulis: Prof Dr. J.M. Papasi
Penerbit: Graha Ilmu


Rp. 75,000.00Price:
Loading Updating cart...

Detik-Detik yang Menentukan

Jalan panjang Indonesia Menuju Demokrasi

Mengingat bahwa buku ini ditulis berdasarkan catatan harian beliau dan komentar berbagai surat kabar nasional pada masa itu maka buku ini seolah-olah merupakan rekaman ulang sebuah realitas politik yang amat mencekam saat itu. Meskipun demikian sisi-sisi kelembutan, ditengah-tengah ketegasan sikapnya, seorang anak bangsa yang bernama B. J. Habibie sangat jelas tergambarkan pula di dalam buku ini (Hermawan K. Dipojono).

Additional DescriptionMore Details

Tokoh yang dengan reformasi berubah dari wakil presiden menjadi presiden dan kemudian meninggalkan kursi kepresidenannya dengan bibir terseyum dan kepala yang tegak. Semua berlaku dengan konstitusional, damai, tanpa setetes darahpun yang tertumpahkan, dan kemudian membuka pintu lebar-lebar untuk para pemimpin penerusnya agar dapat mengisi momentum-momentum yang hadir dengan lebih sukses (Hidayat Nur Wahid).

Banyak hal yang menarik dari buku B. J. Habibie "Detik-Detik yang Menentukan", banyak juga yang menarik dari kepribadian penulisnya, setelahmembaca buku itu. Namun demikian tidak meleset jika disimpulkan bahwa: " Buku dan penulisnya menyatu dalam satu kata "Demokrasi". Itulah uraian buku ini dan itu pula kunci kepribadian penulisnya yang taat beragama Islam itu. Dengan demikian terbukti bahwa tidak ada pertentangan sedikitpun antara penegakan demokrasi dan pelaksanaan ajaran Islam (M. Quraish Shihab).

As those times move further into the past, the scale and scope of Habibie's achivement seems ever more astounding and surprising. How was it that an administrative technologist with weak political skills and almost no political support could change Indonesia so rapidly, decisively and fundamentally, and in ways that no one could have expected? (Robert E. Elson).

Kesalahfahaman seolah-olah Presiden Habibie menciptakan 'bom waktu disintegrasi' melalui kebijakan desentralisasinya adalah sesuatu yang berangkat dari argumen yang keliru dan tidak berdasar (Ryaas Rasyid).

Whethe one believes in the 'Great Man' or 'Great Idea' concept of leadership, Pak Habibies succeeded, within the shortest time possible, in mobilizing every resource that was avaliable, to launch a 'new Indonesia'. (Bilveer Singh)

Penulis: Bj Habibie
Penerbit: THC Mandiri


Rp. 150,000.00Price:
Loading Updating cart...

Undang-Undang Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD

Undang-Undang Republik Indonesia No.10 Tahun 2008
Tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat.
Dewan Perwakilan Daerah,
Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

Rp. 16,500.00Price:
Loading Updating cart...

Decisive moments

Indonesia’s Long Road to Democracy

Penulis: Bj Habibie
Penerbit: THC Mandiri

Rp. 300,000.00Price:
Loading Updating cart...

Perjalanan Pembentukan Kabupaten Bandung Barat

Menjadi Daerah Otonomi di Propinsi Jawa Barat “Dalam Media Massa”

Rp. 55,000.00Price:
Loading Updating cart...
Pages: 1 2